Solok Selatan, Mediaterobos.com- Solok Selatan, mediaterobos.com- Kuliner menjadi senjata Andalan bagi suatu daerah untuk mengembangkan pariwisatanya. di Solok Selatan, Masyarakat mengembangkan Pisang Roti menjadi Kuliner Khas. Sejak 2015 masyarakat Solok Selatan telah menjadikan pisang roti sebagai komoditas unggul untuk diolah menjadi berbagai makanan.

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Solok Selatan Risa Herfina di Padang Aro, mengatakan untuk pengembangan pisang roti, pemerintah setempat sudah membagikan 1.000 bibit kepada masyarakat pada 2017 dan tahun ini ada bantuan 450 batang bibit.

"Pisang roti merupakan tanaman asli Solok Selatan dan kami sudah mengembangkannya secara luas sejak 2015 dan bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas daerah," katanya.

sudah banyak produk makanan yang dihasilkan dari hasil olahan pisang ini seperti keripik, donat, perkedel, serundeng maupun dendeng dari jantung pisang. Pisang roti sendiri mulai memiliki jantung setelah usia 180-210 hari setelah ditanam dan 90 setelah itu sudah bisa dipanen.

Ukuran buah pisang roti juga besar yaitu mencapai panjang 19-25 centimeter dengan berat 240-480 gram perbuah. Setiap sisir berisikan 15-26 buah dengan berat persisirnya mencapai 3,5-7,9 kilogram. Sedangkan setiap tandan memiliki 5-7 sisir dan beratnya bisa mencapai 55 kilogram.
 
eorang pegiat Wisata Sumbar mendukung ide pengolahan pisang roti. Sebab dengan adanya makanan olahan tentu akan sangat mendukung pariwisata sumbar khususnya di Solok Selatan. 

"Jangan biarkan wisatawan pulang dengan uang yang mereka bawa dari rumah sehingga perlu disediakan oleh-oleh yang menarik dan khas," ujar Yulnofrins Napilus pegiat wisata Sumbar. (*)
 
Top