Solsel,mediaterobos.com-Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Solok Selatan ikut serta memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk pelayanan terbanyak terhadap Disabilitas. 

Pemecahan rekor MURI tersebut serentak dilaksanakan oleh IDI di 19 Kabupaten/Kota se Sumatera Barat. Dilaksanakan dalam rangka Hari Bakti Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke-110.

Untuk Kabupaten Solok Selatan dipusatkan di Taman Kota Muaralabuh, Sungai Pagu, Kamis (3/4).

Dalam sambutannya, Ketua IDI Solok Selatan, dr. Roni Permana,Sp.P mengatakan untuk memecahkan rekor MURI tersebut IDI Sumbar menargetkan pelayanan kepada 1100 pasien disabilitas. 

"Untuk setiap Kabupaten/Kota ditargetkan lebih dari 70 orang. Yang terbanyak di Kota Padang yaitu 329 pasien. Dan Allhamdulillah Solok Selatan melayani 71 pasien," katanya.

Ia menjelaskan pasien tersebut berasal dari Puskesmas
Pk Selasa 5 orang, Pk Rabaa 5 orang, Mercu 4 orang, Muaralabuh 8 orang, Lubuk Gadang 5 pasien, Bidara Alam 6 pasien, Abai 7 pasien 
Dan Talunan 5 pasien. 

"Ditambah lagi para siswa dari SLB Negeri 1 Solok Selatan, berjumalh 31 siswa." ujarnya

Pada kesempatann tersebut, IDI memberikan pelayanan kesehatan gratis seperti cek kesahatan, gula darah, penyuluhan dan spesialis. 

"Selain itu kami juga memberikan bantuan alat untuk 45 orang disabilitas, seperti kursi roda, tongkat ketiak, walker standar, tripod, dan quadripod," ujarnya.

"Seluruh biaya merupakan sumbangan dari anggota seluruh anggota IDI se-solsel yang saat ini berjumlah 58 orang. Hal ini merupakan sebagai bentuk bakti ke Solsel," tukasnya.

Bupati Solok Selatan, H Muzni Zakaria dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia juga menekankan bahwa disabilitas bukan hanya tanggung jawab IDI, namun juga tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat.

"IDI juga harus mampu meningkatkan standar pelayanan kesehatan seperti senyum dan keramahan yang juga merupakan bagian dari sistem kesehatan," jelas Bupati.

Hasil dari kegiatan di Solok Selatan akan direkap dan dijumlahkan dengan seluruh peserta se Sumatera Barat. Dan diharapkan target pemecahan rekor.MURI dapat tercapai.(rel) 
 
Top