Solok Selatan, mediaterobos.com- Pemilihan Wali nagari badunsanak di Kabupaten Solok Selatan diikuti 41 calon Wali  nagari. Pada pemilihan nanti semua masyarakat berharap agar pemerintah tidak mengintervendi jalannya pemilihan wali nagari.

Bupati Solok selatan menginginkan agar pada pemilihan nanti harus dilakukan penuh kekeluargaan, kesadaran tidak boleh melakukan kekerasan atau kecurangan saat pemilu tiba.

"Yang bertarung pada pilwana pasti memiliki hubungan kekeluargaan sebab berasal dari Nagari atau Desa yang sama sehingga jangan saling fitnah guna menjaga silaturahim," katanya.

Ia memastikan tidak ada intervensi pemerintah dalam pemilihan Wali Nagari dan semuanya juga harus bertarung secara jujur dan jangan menjelekkan calon lain.

Ketua Panitia Pilwana serentak Solok Selatan, Fidel Efendi, mengatakan, tahun ini ada 10 nagari yang menggelar pilwana dengan peserta yang lolos sebanyak 41 orang.

Nagari yang melaksanakan pemilihan yaitu Dusun Tangah, Sitapus, Ranah Pantai Cermin Kecamatan Sangir Batang Hari

Selanjutnya Nagari Bidar Alam, Padang Air Dingin Kecamatan Sangir Jujuan dan Sungai Kunyit Barat Kecamatan Sangir Balai Janggo.

Seterusnya Nagari Pakan Rabaa Tangah, Pakan Rabaa Timur, Pakan Rabaa Utara Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh dan Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu.

Pilwana serentak tersebut dilaksanakan pada Senin 14 Mei 2018 dan diharapkan berjalan sesuai aturan dan lancar.
 
Top