Solok Selatan, mediaterobos.com-  "Kami mengusulkan enam destinasi wisata untuk mengikuti Anugerah API 2018, dan hanya satu yang masuk nominasi yaitu Rumah Gadang Panjang ketegori situs sejarah terpopuler," kata Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata dan Budaya Solok Selatan, Yolni Hendra di Padang Aro, Senin.

Untuk mendukung Rumah Gadang Panjang pada API 2018 bisa melalui pesan singkat atau SMS dengan cara ketik API 10J kirim ke 99386.

Sedangkan melalui vote lain bisa mengunduh aplikasi API di google playstore appstore. Pemberian dukungan melalui SMS dan vote mulai 1 Juni hingga 31 Oktober 2018.

Enam destinasi yang diusulkan yaitu kategori makanan tradisional terpopuler pangek pisang, wisata air terpopuler pacu codang.

Selanjutnya ekowisata terpopuler yaitu eko edu wisata wonorejo, atraksi budaya terpopuler randai, situs sejarah terpopuler rumah gadang panjang dan surga tersembunyi terpopuler goa batu kapal.

Dia mengatakan, pada situs sejarah terpopuler Rumah Gadang Panjang memiliki sembilan saingan yaitu benteng balgija di Maluku Tengah, benteng otanaha di Gorontalo.

Selanjutnya candi singosari di Malang, goa liang kabori Kabupaten Muna, istana kuning Waringin Barat, kota tua Jakarta Utara, patung megan Fak-fak Papua, pugung raharjo Lampung Timur dan rumah bung Karno Bengkulu.

Sedangkan untuk Sumbar ada tujuh destinasi yang masuk nominasi API 2018 yaitu makanan tradisional terpopuler kue pare Pasaman, minuman tradisional terpopuler aia aka Bukittinggi.

Selanjutnya dataran tinggi terpopuler lawang park Agam, atraksi budaya terpopuler pacu jawi Tanah Datar, kampung adat terpopuler Balai Kaliki Payakumbuh dan objek wisata unik terpopuler jembatan aka Pesisir Selatan.

Pada 2017 kawasan Seribu Rumah Gadang di Kabupaten Solok Selatan meraih juara I kampung adat terpopuler pada ajang API Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Saribu rumah gadang menjadi pemenang pada ajang API setelah mendapatkan vote yang signifikan yaitu 50,19 persen.

Pada API 2017 saribu rumah gadang mampu mengalahkan Kete' Keshu Kabupaten Toraja Utara dengan vote 17 persen dan Kampung Wisata Mangeman Kabupaten Bantul sebanyak 11 persen.

"Karena sudah menang maka saribu rumah gadang tidak boleh ikut lagi pada ajang ini, sehingga kami mengusulkan destinasi lain yang tak kalah menariknya," ujarnya.

Dia menambahkan, pemerintah setempat yakin rumah gadang panjang Abai bisa meraih kesuksesan pada ajang ini.

"Kami akan gunakan stategi saat memenangkan saribu rumah gadang," ujarnya. antaranews.com
Destinasi wisata Rumah Gadang Panjang di Abai, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 kategori 10 situs sejarah terpopuler di Indonesia.
 
Top