Padang Pariaman, Terobos- Buku adalah jendela Ilmu. Membaca buku dapat menambah pengetahuan masyarakat. Begitulah yang dilakukan oleh Rena Ali Mukhni Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Beliau mengajak warga agar runtin membacakan buku untuk anak guna membimbing karakter anak ke arah yang positif.

Ia mengatakan dengan anak suka membaca maka diharapkan anak tidak terganggu dengan perkembangan teknologi dan pergaulan bebas.

"Di sinilah peran orang tua dengan memberikan contoh yang baik untuk anak-anaknya," ujar dia.

Apalagi, lanjutnya dengan orang tua gencar membacakan buku untuk anak maka akan menambah pengetahuan anak terhadap materi yang dibacakan.

membacakan buku kepada anak  selain dapat mendekatkan orangtua dengan anak juga  anak merasa diperhatikan dan disayangi.
Maka diluncurkanlah gerakan membaca buku untuk anak. Gerakan tersebut bertujuan agar orangtua dapat langsung mengajar anaknya untuk membaca dan melatih anak agar bisa membaca.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman melalui Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Nonformal, Suhatman mengatakan gerakan tersebut dimotori oleh Tim PAUD Indonesia dan Pendidikan Nonformal Nasional.

"Melalui gerakan itu kita mengedukasi orang tua tentang pentingnya membaca buku kepada anak-anak dan cara membaca yang pas," katanya.
 
Top