Padang Pariaman, Terobos-Dalam menyambut bulan suci ramadhan Ratusan warga Nagari Bisati, Kecamatan VII Koto, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat menggelar prosesi ratik tolak bala.  Ratik tolak bala adalah acara rutin yang dilakukan oleh masyarakat Bisati. Masyarakat berjalan kaki dengan membawa obor untuk menggelar prosesi Tolak bala.

Muhamad Idris salah satu Ulama di Nagari Bisati Kecamatan VII Koto Kabupaten Padang Pariaman menyatakan Kegiatan ini dilakukan satu kali setahun sebelum memasuki bulan ramadhan.
“Ini adalah kegiatan tahunan guna meningkatkan ketakwaan terhadap Allah dan berdoa agar terhindar dari musibah,"Ujarnya

Ia menjelaskan penggunaan obor pada kegiatan tersebut yaitu selain sebagai penerang jalan juga sebagai simbol semangat untuk menjalan aktivitas.

Sementara itu, Camat VII Koto, Masrin Finor berharap kegiatan itu terus belanjut karena tidak saja untuk meningkatkan persatuan antarwarga namun juga dapat menangkal paham radikal.

"Saya juga berharap ke depan kegiatan ini dapat dikemas menjadi agenda pariwisata," kata dia.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan membuat pameran atau kegiatan lainnya yang menyangkut dari kegiatan tolak bala sehingga menarik minat wisatawan baik dalam maupun luar negeri.(MS)
 
Top