Solok Selatan, Mediaterobos.com- LIPI Bogor dan Pemkab SOLOK Selatan sepakat akan melakukan  Pembibitan Ikan jenis Gariang di Solok Selatan. Populasi ikan ini dinilai sudah mulai langka sementara itu ikan gariang dikenal sebagai ikan air tawar khas daerah solok. Makan melalui LIPI Bogor, sejumlah ikan gariang akan dibibitkan guna pengembangbiakan selanjutnya. 

"Populasi ikan gariang sudah mulai langka padahal ikan ini sangat enak Kami kini mulai melakukan pembibitannya agar populasinya terjaga," kata Pelakasana tugas UPT BBI Pakan Selasa, Oktovin, di Padang Aro, Jumat.

Pembibitan ini juga untuk mendukung ketersediaan bahan baku kuliner khas kabupaten itu khususnya masakan ikan air tawar. Ikan gariang menjadi kuliner khas ikan air tawar di setiap rumah makan di Solok Selatan.

Sebelumnya pihak BBI hanya melakukan pengembangan budidaya ikan lele, nila, dan mas untuk mendukung program pemerintah dalam rangka mendukung kemandirian pangan dan ekonomi masyarakat.

"Ini sirkulasi pembenihan pertama yang kami lakukan untuk jenis ikan gariang karena sebelumnya hanyauntuk lele, nila dan ikan mas," ujarnya.
 
Top