Solok Selatan, mediaterobos.com- Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menggandeng Balai Riset Perikanan Budi Daya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan Bogor, Jawa Barat

kerjasama itu dilakukan untuk pembibitan ikan gariang, jenis ikan khas daerah itu. Kepala Bidang Perikanan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Solok Selatan Yani Suryani menerangkan tim dari Balai Riset Bogor mulai mengarahkan petugas Balai Benih Induk Solok Selatan bagaimana melakukan pembibitan ikan gariang mulai dari pemijahan, pembenihan hingga pembesaran.

Bimbingan pertama dilakukan sebelum Ramadhan dan langsung mendesain sistem sirkulasi pengairan guna pembibitan.

Selain itu juga ada pembelajaran penerapan teknologi perikanan terhadap pengembangan ikan air tawar.

Ia menyebutkan untuk dana pembibitan ikan gariang ini Pemkab Solok Selatan mengalokasikan anggaran melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp65 juta.

"Tahun ini kami targetkan bisa membibitkan 5.000 ekor anakan ikan gariang untuk dibesarkan sendiri, dan kemudian diukur tingkat keberhasilannya," katanya.

Pemerintah daerah saat ini sudah memiliki 36 indukan ikan gariang yang dibeli sejak 2010, dan untuk target 5.000 ekor bibit ini pihaknya akan memijahkan enam ekor ikan betina dengan pejantan tujuh ekor.
 
 
Top