Padang Pariaman, Terobos- Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat membuka pelayanan "weekend service" atau pelayanan akhir pekan guna memberikan kesempatan bagi masyarakat dan pengusaha untuk mengurus izin usahanya di hari libur.
Pelayanan itu dibuka sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang sadar dengan izin usaha. Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui dinas penanaman modal pelayanan terpadu dan perindustrian membuka layanan pada akhir pekan.  Hal itu guna mempermudah Masyarakat yang tidak sempat mengurus izin dihari biasa yang terkendala jam kerja.


"Kita tetap membuka pelayanan setiap Sabtu yang dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB untuk memudahkan masyarakat," kata Kepala DPMPTP Kabupaten Padang Pariaman, Hendra Aswara di Parit Malintang, Sabtu.

Ia menyebutkan ada sejumlah pelayanan yang diberikan pada program tersebut yaitu pengurusan untuk 122 jenis izin dan enam nonperizinan serta pelayanan sehari jadi gratis. Pada program tersebut juga dibuka layanan pengaduan dan layanan informasi serta konsultasi terkait perizinan untuk masyarakat.

sejak tahun 2017 pemerintah Kabupaten Padang Pariaman telah menerbitkan 1.927 izin dari berbagai jenis perizinan, jumlah tersebut jauh lebih banyak dari 2016 yaitu hanya 1.062 izin.?

"Sedangkan PAD kita yang diperoleh melalui penerbitan IMB selama 2017 mencapai Rp900 juta," ujar dia.

Ia mengatakan selain membuka pelayanan pengurusan perizinan akhir pekan pihaknya sebelumnya juga memiliki program antar jemput perizinan atau Ajep dan pengurusan izin melalui aplikasi dalam jaringan.

pengurusan izin juga bisa dilakukan Via Aplikasi yang dapat diunduh melalui playstore. Masyarakat tinggal Login dan mengisi data kemudian menguload sejumlah dokumen yang dibutuhkan. Di aplikasi tersebut masyarakat dan pengusaha diminta untuk mengisi data diri, mulai dari nama pemohon, alamat, jabatan, sampai mengunggah dokumen atau berkas persyaratan yang sudah dipindai.
 
Top