Padang Panjang, mediaterobos.com – Temu Penyair Se-Asia Tenggara (TPAT) tinggal hitungan jam, untuk itu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar Jumpa Pers di Hall Lantai III Balaikota, Rabu (2/5).

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh Pjs Walikota Padang Panjang Irwan, Kepala Dinas Kominfo Marwilis, SH, M.Si, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Alvi Sena, ST, MT, Kabid Perpustakaan Yoni Aldo, S.Sos serta Ketua Forum Penggiat Literasi Muhammad Subhan.

Dikatakan Irwan sangat mendukung kegiatan Gerakan Literasi yang akan dicanangkan oleh Kepala Perpusnas dan Temu Penyair Asia Tenggara serta pemecahan rekor Muri yang akan dilaksanakan dari tangggal 3 hingga 6 Mei mendatang.

“Kita sudah siapkan segala sarana dan prasarananya, termasuk surat dari Kapolri karena menyangkut tamu yang berasal dari luar negeri. Alhamdulilah, semuanya sudah siap dan tinggal menunggu pelaksanaannya,” sebut Irwan.

Sementara itu Alvi Sena menyampaikan, kegiatan TPAT sekaligus pemecehan Rekor MURI dan pencanangan Kota Literasi, akan dipusatkan di tiga lokasi. Selain penginapan di Home Stay Kubu Gadang, kegiatan akan dilaksanakan di Mifan Water Park dan Lapangan Banca Laweh. “Mulai tanggal 3 Mei, sudah dilakukan penyambutan tamu dari berbagai daerah di BIM, meskipun sejumlah tamu sudah ada yang datang ke Padangpanjang diantaranya dari Timor Leste. Mereka akan berada di Kota Padangpanjang hingga tanggal 6 Mei mendatang,” jelas Alvi Sena.

Alvi Sena juga menjelaskan, sehubungan dengan pelaksanaan tiga acara besar tersebut, juga diminta kepada masyarakat untuk menyukseskan kegiatan yang akan melibatkan tiga ratus penyair se-Asia Tenggara dan ribuan pelajar tersebut.

Sedangkan M.Subhan menjelaskan, terkait kegiatan pertemuan TPAT yang digagas oleh Forum Penggiat Literasi bersama Alm. Darsyaf Hendrizal ketika menjabat Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang kemudian dilanjutkan Alvi Sena. Sebagai tindak lanjut dari pengembangan gerakan literasi yang telah digalang di Kota Padang Panjang.

“Alhamdulilah, gerakan yang kita buat mendapat respon yang cukup bagus dari pemerintah daerah, termasuk dengan penyelenggaran Gerakan Literasi oleh Kepala Perpustakaan Nasional pada Temu Penyair Asia Tenggara dan pemecehan Rekor MURI penulisan puisi tentang bahaya narkoba oleh pelajar Padang Panjang,” ucap Subhan. (Pul/Gito).
 
Top