Solok Selatan, mediaterobos.com-
Sebanyak 20 titik Lokasi Balimau diamankan  Anggota Polres Solok Selatan. sejumlah personal disiagakan untuk memantau kegiatan balimau. ada 134 personel yang diturunkan kelapangan yang terdiri dari  7 orang patroli,siaga di mapolres 30 orang dan sebagian diturunkan di lokasi balimau.

"Ada 20 lokasi yang kami tempatkan personel dan setiap titik ditempatkan empat sampai lima orang anggota guna pengamanan", kata Kapolres Solok Selatan AKBP Iman Yulisdianto melalui Kepala Bagian Operasional Kompol Benu Alam, di Padang Aro, Selasa.

Lokasi balimau yang ditempatkan petugas pengamanan yaitu di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh tersebar di Aia angek Balun, bendungan Balun dan Bendungan Timbulun Ulu Suliti.

Selanjutnya di Pauah Duo berada di Pemandian Tubing, objek wisata air hangat hot waterboom, sungai Ujung Jalan.

Seterusnya di Sangir di Pulau Asmara, Lubuak Hantu Bariang, Valoe Agro, air terjun kembar Bangun Rejo, air terjun Batu Kambing, air terjun Tangsi Ampek, sungai belangir Timbulun.

Di Sangir Jujuan berada di jembatan titian kawek, Batang Sangir, bendungan bulian.

Di Sangir Batang Hari berada di sungai jariang Talakiak, sungai jariang Kapalo Koto Abai dan jembatan sitapus.

Di Sangir Balai Janggo dilaksanakan prosesi adat di halaman koperasi Bima II.

Dia mengimbau, masyarakat untuk tidak terlalu eforia saat prosesibalimau serta tidak ugal-ugalan saat berkendara sebab bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

"Masyarakat diimbau berkendara dengan tertib dan mengutamakan keselamatan diri sebab saat balimau jalanan akan ramai," ujarnya.
 
Top