Solok Selatan, mediaterobos.com Pada Pekan Imunisasi Dunia (PID) dan Hari Malaria se-dunia, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat menerima penghargaan pencapaian program imunisasi terbaik di Indonesia periode 2015-2017.

Penghargaan tersebut langsung diterima oleh Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria diwakili Sekdakab setempat Yulian Efi di Pandeglang Banten, Minggu (30/4).

Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Novirman di Padang Aro  mengatakan prestasi ini merupakan bagian dari apresiasi pemerintah pusat terhadap target dari program imunisasi di daerah

Selain Solok Selatan sembilan kabupaten/kota lainnya yang menerima penghargaan ini yaitu Tabanan, Buleleng, Labuhan Batu Utara, Barito Utara, Barito Timur, Kaloka Utara, Banyumas serta Kota Palu, dan Kota Tanjung Pinang.

Ia menyebutkan, pada 2018 Solok Selatan kembali mendapat tantangan untuk pelaksanaan Universal Health Coverage (UHC) yang merupakan program jaminan kesehatan semesta melalui percepatan penurunan eliminasi TBC, Penurunan Stunting dan Peningkatan Cakupan dan Mutu Imunisasi.

Program UHC ini, di Solok Selatan telah dilaksanakan dan tinggal mengoptimalkannya melalui petugas kesehatan puskesmas pada tujuh kecamatan.

Pemerintah setempat mengajak semua pihak untuk dapat mempertahankan prestasi ini dengan terus melakukan evaluasi program sehingga sasaran akhir dari program ini tidak saja dalam bentuk penghargaan, akan tetapi betul-betul mewujudkan kualitas kesehatan masyarakat secara umum.

 
Top