Solok Selatan, mediaterobos.com- Jika Berkunjung ke Sumbar tentu tidak lupa untuk berkunjung ke solok selatan. Pasalnya Kabupaten Solok Selatan adalah Kabupaten dengan objek pariwisata terlengkap di Sumbar,bermacam wisata dapat ditemukan di daerah ini dimulai dari wisata budaya, religi, alam dan sejarah serta kuliner.

Destinasi wisata yang dimiliki Solok Selatan seperti Wisata Budaya pada Seribu Rumah Gadang, Istano Rajo Balun dan Rumah Gadang Panjang. Sedangkan pada wisata alam ada Gunung Kerinci, perkebunan teh, puluhan air terjuan dan goa.

Untuk religi juga ada masjid kurang aso 60 dan sebentar lagi juga masjid agung dengan kubah berputar serta wisata sejarah pada PDRI. Yang paling tersohor saat ini adalah wisata budaya pada kawasan seribu rumah gadang yang sudah di nobatkan sebagai "Kampung Adat Terpopuler" pada ajang Anugerah Pesona Indonesia.

Selain itu kawasan seribu rumah gadang juga sudah tercatat dalam rekor MURI Indonesia sebagai kawasan yang memiliki rumah adat terbanyak dalam satu lokasi. Semua jenis rumah gadang yang ada di Sumbar lengkap di Solok Selatan dan para wisatawan sekarang juga bisa merasakan sensasi tinggal dirumah kebanggaan Minang Kabau tersebut sebab sudah ada yang dijadikan homestay oleh pemiliknya.

Usai menikmati rumah gadang wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam yang masih alami. Di Solok Selatan juga ada Gunung api aktif tertinggi di asia tenggara yaitu Gunung Kerinci dengan ketinggian 3.805 Mdpl.

Saat melihat gunung kerinci dari pinggir jalan Nasional Lubuak Selasih-Kerinci juga pengunjung juga disuguhkan hamparan kebun teh nan hijau yang memanjakan mata. Yang paling penting dalam waktu dekat jalur pendakian gunung kerinci juga akan dibuka dari Solok Selatan yang akan menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan minat khusus.

sangat banyak objek wisata yang ada di Solok Selatan. Pemerintah daerah berupaya mempromosikan objek wisata tersebut ke luar daerah bahkan ke luar negeri agar Solok Selatan semakin dikenal.
 
Top