Solok Selatan, Mediaterobos.com- Solok Selatan dikabarkan kekurangan petugas kebersihan. hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan hidup bahwa Petugas kebersihan di Solok selatan tidak dapat menjangkau seluruh daerah karena keterbatasan SDM

"Kami sudah sering mensosialisasikan budaya buang sampah ditempatnya tetapi sampai saat ini kesadaran masyarakat masih jauh dari kata peduli seperti buang sampah sembarangan dan sebagian besar mereka hanya mengandalkan kebersihan yang jumlahnya terbatas," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Solol Selatan, Jon Kapi, di Padang Aro, Senin.

Dia mengatakan, sekarang bila ada sampah yang berserakan maka kesalahan itu dibebankan kepada petugas kebersihan. Dia mengakui pihaknya kekurangan petugas kebersihan untuk menjangkau seluruh daerah.

Sekarang tenaga kontrak daerah khusus kebersihan hanya 59 orang dan PNS sebanyak 37 orang dan disebar di dua lokasi yakni Sangir dan Muaralabuh.

Sedangkan sarana pendukung juga belum memadai seperti amrol baru tiga unit dari 15 unit yang dibutuhkan, selanjutnya truk pengangkut baru satu unit dan idealnya lima unit kebutuhan.

"Dengan kondisi saat ini kesadaran masyarakat untuk ikut berperan serta dalam menjaga kebersihan lingkungan sangat penting," ujarnya.
 
Top