Solok Selatan, mediaterobos.com- Kemajuan Pariwisata tidak hanya kerja keras pemerintah tapi ada beberapa unsur yang tidak boleh dilupakan seperti pramuwisata. Pramuwisata adalah individu atau organisasi yang berjasa dalam mengembangkan pariwisata. Kehadiran mereka tidak boleh dilupakan. Sebab mereka adalah ujung tombak kemajuan pariwisata.

pengakuan itu datang dari Bupati Solok Selatan (Solsel), H Muzni Zakaria. Ia menyatakan bahwa di tangan pramuwisatalah pariwisata bisa maju. Karena, mereka mengetahui semua cerita tentang suatu objek dan mereka merupakan ujung tombak untuk mempromosikannya.

"Di tangan mereka tertumpang kemajuan pariwisata yang ada di Solsel ini, untuk itu diharapkan mereka memiliki kreatifitas dan perannya," ujar Muzni pada pembukaan Pelatihan Pramuwisata Muda dan Pelantikan Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Solsel, Rabu (11/4/2018).

Untuk memajukan pariwisata solok selatan perlu diberikan pelatihan-pelatihan tentang kepariwisataan dan pramuwisata. Menurutnya, dengan pelatihan pramuwisata ini, nantinya mereka akan mampu menjelaskan kawasan-kawasan penting, objek-objek penting serta budaya dan kearifan lokal. Sehingga wisatawan yang datang tidak hanya sekedar berfoto-foto saja, tapi tahu sejarahnya.

Maka dari itu, pramuwisata yang mengikuti pelatihan dan pembentukan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Pramuwisata hendaknya kedepan mampu menjadikan kabupaten berjuluk Saribu Rumah Gadang ini menjadi kunjungan wisata utama di Ranah Minang ini.

DPW HPI Sumbar, Edwar di kesempatan itu, merasa tersanjung dan terobsesi untuk turut membangun kepariwisataan di daerah Solsel. Dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan Pemkab Solsel melalui Dinas Pariwisata dan Budaya Solsel, kedepannya diharapkan akan lahir kelompok-kelompok pejuang devisa wisata di Sumbar umumnya di Solsel khususnya.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Sumberdaya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disparbud Solsel, Deni Yuliandra menambahkan, bahwa peserta pelatihan pramuwisata muda tahun ini, di ikuti oleh 50 orang peserta dari tujuh kecamatan di Solsel.

Setengah dari total peserta pramuwisatanya berasal dari kawasan SRG, sisanya dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) destinasi wisata yang ada di Solsel. Kegiatan ini menghadirkan pemateri, Hasmudi Hasan (penggiat adat dan budaya), Edwar (Bidang Organisasi DPW HPI Sumbar).
 
Top