Solok Selatan, mediaterobos.com-
Rumah Gadang Solok Selatan mendapat bantuan revitalisasi dari PT. Yayasan Tirto Utomo. PT. Yayasan Utomo didirikan oleh Ibu Lisa Tirto Utomo dan Ia berharap rumah gadang tersebut dapat kembali seperti semula tanpa meninggalkan keasliannya.

Rencana Revitalisasi akan dilakukan secepatnya.Pproses Pengerjaan dipercayakan kepada Tukang Tuo, Katik Yat (64) bersama enam asiatennya yang sudah sering memugarkan rumah gadang di Sumatera Barat karena Tukang Tuo adalah pekerja yang sangat memahami bagaimana rumah gadang bisa berdiri.
 
Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria, di Padang Aro, Minggu, mengatakan, rumah gadang yang direvitalisasi itu milik kaum Datuak Lelo Panjang, suku Melayu yang terakhir kali di pugarkan pada 1905.

"Kita bersyukur banyak pihak yang peduli dengan adat dan budaya Minangkabau, terutama melalui program revitalisasi rumah gadang ini," katanya.

Proses revitalisasi diawali dengan doa bersama dengan Ninik Mamak (pemangku adat) di kawasan saribu rumah gadang.

Katik yat mengatakan, berdasarkan pengalamannya dibutuhkan setidaknya hingga delapan bulan untuk memugar satu rumah gadang.

"Semua tergantung ketersediaan bahannya, kalau lengkap dan tersedia bisa selesai lebih cepat,` ujarnya.

Kayu yang digunakan pihaknya hanya menggunakan jenis meranti, kayu bayua, dan kayu marantik batu sebagai bahan pemugaran rumah gadang.

 
Top