Keberadaan Pers di Pariaman memiliki peran yang sangat penting. Selain berfungsi sebagai pengontrol perilaku sosial. Pers dipariaman sangat membantu dalam pengembangan dan penyebaran Informasi secara cepat ke seluruh wilayah Pariaman.

"Pers memiliki peran strategis dalam hal ini, melalui media massa masyarakat menjadi tahu tentang berbagai kegiatan positif yang dilakukan oleh pihak kepolisian untuk menjaga Kamtibmas," kata Kapolres Pariaman AKBP Andry Kurniawan, di Pariaman Sabtu, usai silaturrahmi dengan para insan pers yang bertugas di daerah itu.

Apalagi kemajuan zaman dan teknologi banyak berita berita yang tidak benar,  penyebaran informasi yang tidak valid dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Berita Hoax sangat cepat sekali tersebar ke masyarakat. Ini menjadi tanggungjawab pers untuk menangkal dan melawan berita berita Hoax yang menyesatkan Masyarakat.

Oleh karena itu katanya, keberadaan para insan pers di Tanah Air khususnya di Kota Pariaman diharapkan dapat membantu meluruskan berbagai informasi tidak benar tersebut kepada masyarakat luas.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pariaman Ikhlas Bakri menyatakan bahwa sebagai abdi negera, polisi dan wartawan sama-sama memiliki ketentuan dalam menjalankan tugas dan profesi masing-masing.
"Polisi dan media massa tidak bisa dipisahkan, berbeda profesi namun saling keterkaitan untuk memajukan bangsa khususnya di daerah masing-masing," ujar dia.
Ia juga menyampaikan akan mengupayakan agar peranan pers lebih maksimal di tengah masyarakat melalui pemberitaan yang membangun, namun tetap melakukan kontrol sosial.
 
Top