Solok Selatan, Mediaterobos.com- Pembagian beras Rasta langsung diberikan kepada Masyarakat. Untuk masyarakat dengan akses daerah yang sulit dijangkau langsung diberikan bantuan untuk jangka waktu 4 bulan. jadi masyarakat langsung menerima bantuan 4 bulan langsung.

pemberian bantuan sekaligus 4 bulan sudah dipertimbangkan jauh jauh hari, mengingat akses yang jauh serta sulit. Penyaluran bantuan tidak hanya menggunakan transportasi darat tapi juga menempuh sungai Batang Hari menggunakan perahu mesin.

"Karena sulitnya akses ke tiga nagari di daerah sulit, maka Bulog langsung menyalurkannya untuk empat bulan," kata Kepala Bidang Sosial, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari Dicky Nanda Utama, di Padang Aro, Selasa.

Tiga daerah sulit tersebut yaitu Nagari Lubuak Ulang Aling sebanyak 69 keluarga penerima manfaat (KPM), Lubuak Ulang Aling Tengah 66 KPM, dan Lubuak Ulang Aling Selatan 33 KPM.

Pada Rastra 2017 tiga nagari tersebut menunggak uang penebusan sekitar Rp40 juta, karena pendistribusian ke lokasi tersebut juga telat.

Kepala Sub Bagian Bina Produksi Bagian Ekonomi dan Sumber Daya Alam Setdakab Solok Selatan Doni Hendra mengatakan, tunggakan tebusan rastra ada di Nagari Lubuak Ulang Aling, Lubuak Ulang Aling Tengah dan Lubuak Ulang Aling Selatan sudah dilunasi pada April 2018.

"Kami sudah memberitahukan Bulog tentang pelunasan tunggakan rastra 2017, dan sekarang tidak ada masalah lagi," ujarnya.

 
Top