Solok Selatan, mediaterobos.com- Dalam rangka memperingati hari bencana nasional. Para Guru dan murid dimulai tingkat TK, SD, dan SMP
mempraktekan simulasi menghadapi bencana jika sewaktu-waktu terjadi bencana. mengingat Solok Selatan adalah daerah yang sangat rwan bencana.

Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman di Padang Aro, Kamis, mengatakan kabupaten itu memiliki potensi bencana yang cukup tinggi karena secara geologis berada pada patahan sesar Sumatera, yakni zona tumbukan Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia atau dikenal dengan sesar semangka.

"Dengan laju pergerakan tujuh centimeter pertahun dan pergerakan patahan yang cukup besar, maka akan berpotensi menimbulkan gempa bumi, oleh sebab itu dibutuhkan kesiapsigaan bencana, simulasi mengajarkan bagaimana mengambil tindakan dalam waktu singkat," katanya.

Dia mengatakan, dari sisi vulkanologi Solok Selatan berada di kaki Gunung Kerinci yang masih aktif dan memiliki ketinggian 3.805 Mdpl.

Apabila terjadi aktivitas vulkanik dan seismik di Gunung Kerinci maka akan berdampak langsung terhadap aktivitas masyarakat.

Dia berharap simulasi itu bisa membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat.

Sekolah yang dilibatkan yaitu TK Negeri 2 Solok Selatan, SDN 05 Pasar Muaralabuh dan SMPN 1 Solok Selatan.

Para pelajar ini dilatih melakukan evakuasi mandiri, simulasi kebencanaan, uji sirene peringatan dini dan lapangan tenis Muara Labuh sebagai titik kumpul guru dan siswa yang melaksanakan kegiatan.

"Simulasi ini akan membangun kesadaran guru dan murid sekolah dan masyarakat dalam kesiapsiagaan bencana," ujarnya.
 
Top