PadangAro,mediaterobos.com-Sosialisasi deteksi dini kanker mulut rahim melalui Pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA) terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, melalui Gabungan Organisasi (GOW) Solsel, sebanyak 65 orang yang tergabung dalam berbagai organisasi wanita diberikan tambahan  pengetahuan tentang IVA test di Aula Sarantau Sasurambi, Kamis (26/4).

Ketua GOW Solsel Ny Ayu Abdul Rahman mengatakan, sosialisasi ini diberikan dengan tujuan agar dapat menambah wawasan anggota organisasi wanita mengenai bahaya kanker mulut rahim, yang bisa menimpa wanita yang telah menikah.

“Sebagaimana kita ketahui, kematian terbesar wanita di Indonesia disebabkan oleh kanker mulut rahim, untuk itu sangat penting pendeteksi dini kanker mulut rahim ini dilakukan. Kalau sudah diketahui kita bisa cepat menanganinya,” ungkapnya saat membuka acara sosialisasi penyakit dan IVA Tets serta Pelatihan Membuat Jelly Art dan Cemilan dari teh di Aula Saranrtau Sasurambi.

Lebih lanjut ia mengatakan, setiap anggota organisasi wanita diharapkan dapat menjaga kebersihan rumah  dan selalu mengontrol kesehatan ke puskesmas. “Kalau memang ada nampak tanda-tanda terkena kanker mulut rahim cepat bawa ke puskesmas terdekat untuk dilakukan penanganan selanjutnya,” imbuhnya.

Sementara itu, ketua panitia laksana Lora Ayanda Putri menyebutkan, sosialisasi iva test dan pelatihan membuat kue dari teh diberikan kepada anggota organisasi wanita se solok selatan, dimana masing-masing organisasi wanita mengirimakan utusan sebanyak 3 orang.

Ia berharap dengan pelatihan membuat kue, ibu-ibu organisasi wanita dapat berkreasi sehingga bisa menambah penghasilan keluarga.

“Selain bisa dipraktekkan di rumah kita masing-masing. Pelatihan ini juga bisa menambah penghasilan keluarga, bagi kita yang kreatif, ini akan lebh menjadi nilai jual,” tuturnya.

Untuk iva test, ia mengatakan, kabupaten solok selatan berhasil menjadi juara pertama di tingkat provinsi untuk pelaksanaan iva test terbaik, dan mewakili provinsi sumatera barat ke tingkat nasional pada tahun ini.

 Ia juga mengatakan, ikatan bidan Indonesia juga meraih rekor muri tahun 2017 untuk pelaksanaan iva test terbanyak di Indonesia. “Semua tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah,” tutupnya.(rel/men)
 
Top