Padang Pariaman, Terobos-Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman telah menerapkan Panter. Program Panter adalah  layanan terpadu yang sangat membantu masyarakat untuk mengurus segala kepentingan.
"'Panter  ini adalah pelayanan terpadu yang terdiri dari sejumlah pemangku kepentingan," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman, Jonpriadi saat teken nota kesepahaman dengan pemangku kepentingan di Parit Malintang, Rabu (25/4)

Ia menjelaskan "Panter" merupakan program yang mempermudah warga di daerah itu dalam mengurus buku nikah dan dokumen lainnya. Pada program tersebut, warga yang baru saja melaksanakan ijab kabul akan mendapatkan delapan dokumen.

Adapun dokumen tersebut yaitu di antaranya buku nikah, kartu tanda pendudukan yang sudah diperbarui, kartu keluarga yang menikah, kartu keluarga untuk orang tua mempelai yang sudah direvisi, dan kartu jaminan kesehatan nasional (JKN) dari BPJS setempat.
"Dukumen tersebut diberikan bersamaan sesaat setelah ijab kabul," katanya.

Ia menyebutkan keuntungan adanya "Panter" yaitu terciptanya tertib administrasi kependudukan di daerah itu, memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, menyukseskan program nasional dalam meningkatkan keikutsertaan masyarakat terhadap JKN.
Desi Oktarina Kepala Kantor BPJS Kabupaten Padang Pariaman, menyambut baik adanya "Panter" yang dirancang oleh pemerintah setempat. "Program tersebut dapat membantu menyukseskan program nasional di bidang JKN," ujarnya.
 
Top