Padang Pariaman, Terobos- Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat meluncurkan aplikasi pelayanan perizinan online atau dalam jaringan (Daring).

"Aplikasi ini telah diluncurkan pada awal April 2018," kata Kepala DPMPTP Kabupaten Padang Pariaman, Hendra Aswara di Parit Malintang, Selasa (24/4).

Tujuan dari peluncuran aplikasi tersebut untuk  membantu masyarakat mempermudah mengurus izin serta bisa melacak sejauh mana prosesnya. Pada aplikasi itu tersedia Pelayanan Perizinan Online, Scan QRCode, serta saran dan pengaduan.
Hendra Aswara Kepala DPMPTP Kabupaten Padang Pariaman menjelaskan pada pelayanan perizinan, masyarakat dapat memilih jenis izin yang akan diurus yaitu surat izin usaha perdagangan, tanda daftar perusahaan, izin pendirian sekolah pendidikan anak usia dini, dan izin mendirikan bangunan.

Selanjutnya, masyarakat diminta untuk mengisi data diri, mulai dari nama pemohon, alamat, jabatan, sampai mengunggah dokumen atau berkas persyaratan yang sudah dipindai.
"Berkas tersebut nanti akan diperlihatkan kepada petugas guna melihat keaslian berkas yang dikirimkan," ujarnya.

Saat ini sedang gencar sosialisasi penggunaan aplikasi tersebut, baik melalui banner, spanduk, media sosial, serta ketika bertemu dengan masyarakat pada program antar jemput perizinan.

Ia mengatakan pihaknya akan mengembangkan aplikasi tersebut yaitu dengan dengan membuat sistem arsip elektornik (e-arsip).
 
Top