Solok Selatan, mediaterobos.com- Penyakit kanker mulut rahim menjadi perhatian para wanita di Solok selatan. Gabungan Organisasi (GOW) Solok Selatan, memberikan sosialisasi tentang pentingnya pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA) untuk  menambah wawasan mereka kegunaan deteksi dini kangker mulut rahim.

Ketua GOW Solok Selata Ayu Abdul Rahman mengatakan, sosialisasi bertujuan dapat menambah wawasan anggota organisasi wanita mengenai bahaya kanker mulut rahim.

"Kematian terbesar wanita di Indonesia disebabkan oleh kanker mulut rahim. Untuk itu sangat penting pendeteksi dini kanker mulut rahim ini dilakukan. Kalau sudah diketahui kita bisa cepat menanganinya," katanya saat membuka acara sosialisasi penyakit dan IVA Tes serta Pelatihan Membuat Jelly Art dan Cemilan dari teh di Padang Aro.

Untuk iva test, katanya, Kabupaten Solok Selatan berhasil menjadi juara pertama di tingkat provinsi untuk pelaksanaan iva test terbaik, dan mewakili provinsi sumatera barat ke tingkat nasional pada tahun ini.

Selain itu Ikatan Bidan Indonesia (IBI) juga meraih rekor muri tahun 2017 untuk pelaksanaan iva test terbanyak di Indonesia.
 
Top