PadangAro,mediaterobos.com-Guna meningkatkan peran penting orang tua terhadap anak khususnya menumbuhkan minat baca pada anak sejah usia dini, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok Selatan mencanangkan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) di Aula Sarantau Sasurambi, Rabu (25/4).

Acara yang juga diikuti dengan lomba senam anak TK dan PAUD ini dihadiri oleh Bupati Solok Selatan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Ketua IGTK, serta Kepala OPD.

Kepala Dinas Pendidikan Solsel Zulkarnaini menyebutkan dengan dicanangkannya gernas baku diharapakan dapat meningkatkan kedekatan orang tua dengan anak di rumah.

“Dengan demikian orang tua juga mempunyai peran penting dalam menumbuh kembangkan anak di rumah, selain di sekolah yang tentu telah dibantu oleh pendidiknya,” tuturnya.

Lebuh lanjut dia menjelaskan, gernas baku akan dimulai pada tanggal 5 Mei mendatang. Yang bertujuan untuk mensukseskan pencanangan Indonesia Emas. Jadi untuk menuju ke sana maka anak-anak usia 4-6 tahun harus dibiasakan secara dini untuk membaca buku.

Sementara itu, Bupati Solok Selatan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Yulian Efi, mengatakan gernas baku merupakan gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan mint abaca anak melalui pembiasaan di rumah.

Ia berharap keluarga berperan aktif karena mempunyai andil yang sangat besar dalam rangka pembentukan watak karakter anak.

“Kepada pendidik saya berharap mampu bekerjasama dengan para orang tua agar dapat menumbuhkembangan potensi anak sesuai dengan minta dan bakatnya, untuk terciptanya lingkungan yang aman dan nyaman, menghargai pendapat anak dan mencegah kekerasan terhadap anak dan mencegah kekerasan terhadap anak serta menanamkan nilai-nilai akhlak mulia.(rel/men)

 
 
Top