Solok Selatan, mediaterobos.com- Untuk meningkatkan produksi kacang macadamia sebanyak 600 bibit kacang disediakan oleh Pemkab Solok Selatan. Namun Sampai saat ini belum ada masyarakat yang mengajukan proposal.

di Solok Selatan Kacang Macadamia tidak begitu menggiurkan bagi masyarakat sebab melihat kepada tekstur tanah dan geografis daerah, kacang macadamia tidak bisa tumbuh. mengingat solok selatan adalah wilayah perbukitan sementara kacang macadamia hanya bisa tumbuh di wilayah dengan ketinggian 500 Mdpl.

"Tahun ini kami anggarkan dana APBD Rp60 juta guna menyediakan bantuan bibit kacang macadamia tetapi sampai saat ini belum ada masyarakat yang berminat untuk menanamnya," kata Kepala Dinas Pertanian Solok Selatan Tri Handoyo Gunardi melalui Kepala Seksi Produksi Bidang Perkebunan Joko Nugroho, di Padang Aro, Rabu.

Kacang macadamia juga menjadi kacang terlezat dan termahal di dunia, dimana nilai jualnya sekitar Rp300-400 ribu perkilogramnya.

Sebelumnya Bupati Solok Selatan mencanangkan tekadnya kabupaten itu sebagai sentra Kacang macadamia di Indonesia.

Dia mengatakan, sekarang ini di Solok Selatan sudah ada sebanyak 903 batang pohon macadamia di perkebunan Mitra Kerinci, akan tetapi untuk bibit masih kesulitan.
 
Top