Padang Aro-Kepala Sekretariat Bawaslu Sumatera Barat, Karnalis Kamarudin meminta sekretariat Panwaslu kabupaten/kota di provinsi itu agar segera bersiap dan membuat perencanaan matang menghadapi pemilu legislatif dan pilpres 2019.

"Dalam menyambut pemilu legislatif dan pilpres perlu persiapan yang matang, koordinasi yang intens dengan pihak kecamatan dan provinsi supaya pengawasan berjalan maksimal," katanya di sela pelantikan kepala sekretariat Panwaslu Solok Selatan Admi Munandar di Padang Aro, Kamis.

Dia mengatakan kepala sekretariat terutama yang baru harus segera mempelajari fungsi dan tugas pengawasan serta langsung dikoordinasikan dengan tingkat Kecamatan. 

"Apabila komunikasi terhambat maka akan berimbas pada semuanya, karena itu koordinasi harus ditingkatkan," ujarnya. 

Pemerintah daerah juga diminta untuk membantu sarana prasarana penunjang yang belum disiapkan guna kelancaran pengawasan. 

Untuk Solok Selatan sendiri sesuai geografis karena masih banyak daerah terisolir dan lokasi yang akan dituju oleh pengawas sangat jauh dengan medan yang sulit maka membutuhkan kendaraan gardan dua.

Provinsi hanya menyediakan mobil sebanyak empat unit dan tidak ada gardan dua, sedangkan di Solok Selatan dibutuhkan sehingga butuh bantuan pemerintah daerah.

Sementara Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria mengatakan sudah kewajiban pemerintah daerah mendukung tugas panwaslu sesuai kemampuan daerah.

"Kami siap membantu panwaslu sesuai kemampuan daerah," ujarnya. 

Ia mengingatkan saat pesta demokrasi netralitas ASN juga harus dijaga apalagi Solok Selatan akan mengikuti pemilu legislatif 2019. (*)


Sumber (Antaranews Sumbar) 


 
Top