Parit Malintang-Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman meminta pemerintah provinsi (pemprov) Sumbar segera mengucurkan anggaran untuk membangun stadion utama yang terletak di Sikabu Kecamatan Lubuk Alung karena akan dijadikan lokasi pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).

"Memang Pemprov mengatakan pada tahun ini akan mengucurkan anggaran sebesar Rp75 miliar," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padang Pariaman, Jon Kenedi di Parit Malintang, Kamis.

Namun Pemerintah Kabupatan (Pemkab) Padang Pariaman meminta agar anggaran tersebut segera direalisasikan karena apabila terlambat atau bahkan tahun ini batal maka dikhawatirkan akan mengganggu suksesnya pelaksanaan Porprov. 

Hal tersebut terjadi karena rencananya lokasi pembukaan Porprov XV dan tempat pelaksanaan cabang olahraga atletik akan dilaksanakan di Stadion Utama apalagi even per dua tahun itu akan dilaksanakan pada November nanti.

Meskipun pihaknya telah mengantisipasi hal tersebut dengan menyiapkan lokasi pembukaan Porprov namun untuk pelaksanaan cabang olahraga atletik akan mengalami permasalahan.

"Kita memang memiliki lapangan yang memungkinkan untuk melaksanakan cabang olahraga atletik di Gelanggang Pacu Kuda di Kecamatan VII Koto Sungai Sariak," katanya.

Tapi, lanjutnya gelanggang tersebut milik nagari dan untuk merenovasi lapangannya agar memenuhi standar pelaksanaan Porprov memerlukan anggaran Rp1,2 miliar, jika dipaksakan maka dikhawatirkan nantinya tidak terawat.

"Kan sayang uang terbuang hanya untuk sekali pakai. Oleh karena itu hingga sekarang alternatif tersebut masih dalam tahap pertimbangan," ujarnya.

Ia mengatakan salah satu jalan keluarnya yaitu dengan menggunakan sarana olahraga yang berada di Padang namun hal tersebut tentu akan mengurangi semarak Porprov di Padang Pariaman.

Oleh karena itu, ia berharap Pemprov segara mulai membangun Stadion Utama Sumbar tersebut meskipun hanya sekedar untuk pelaksanaan pembukaan Porprov dan melaksanakan cabang olahraga atletik.

Pihaknya menyadari bahwa untuk membangun stadion tersebut akan memerlukan anggaran yang besar dan diperkirakan sarana olahraga itu akan selesai beberapa tahun ke depan.

"Namun bagi kami tahap pembangunan pertama stadion tersebut sudah cukup membantu Pemkab Padang Pariaman," kata dia.

Sebelumnya Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar Rasydi Sumetri menyebutkan pembangunan Stadion Utama Sumbar di Sikabu pada tahun ini dianggarkan sebesar Rp75 Miliar.

Rencananya stadion tersebut akan menjadi pusat olahraga yang ada di Sumbar selain Gelanggang Olahraga (GOR) Agus Salim, Padang.

Saat ini GOR Agus Salim masih menjadi pusat pelatihan beberapa cabang olahraga di Sumbar yang mana pengelolaannya dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Padang. 

Sumber (Antaranews Sumbar)

 
Top