Solsel,mediaterobos.com-Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) menyiapkan anggaran sebesar Rp1,7 miliar untuk membangun sektor pariwisata tahun ini. Hal itu di samping bertujuan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar lokasi wisata juga dimaksudkan untuk menggenjot kunjungan wisatawan.

Kepala Bidang Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Solsel, Ekko Espito menyebutkan, anggaran sebesar itu dialokasikan untuk pembangunan fisik terhadap destinasi wisata di lima lokasi. Mulai dari penataan lokasi, pembangunan gapura dan jalan menuju objek wisata.

"Pembangunan infrastruktur di lokasi destinasi pariwisata sangat penting saat ini. Karena tujuannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar lokasi. Selain itu, pembangunan infrastruktur di kawasan wisata juga menjadi simbol pariwisata dalam menarik minat wisatawan," katanya.




Dari anggaran yang telah disiapkan itu, lanjutnya, dibagi untuk 10 kegiatan pembangunan. Sejumlah objek wisata unggulan bakal ditata, seperti Goa Batu Kapal (GBK), kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG), Hot water boom (HWB) Sapan Malulung dan lainnya.

Untuk GBK akan dibangun gapura dan jalan menuju objek goa dengan anggaran Rp825 juta. Lalu, HWB bakal dibangun jalan setapak dengan pagu dana Rp144 juta. Kawasan SRG, dialokasikan dana sebesar Rp200 juta untuk lampu taman.

Selanjutnya, penataan Tubing Sungai Rambutan (Sutan) dengan anggaran Rp137 juta. Lalu, pembenahan Tubing Bodi Rafting dengan anggaran Rp150 juta untuk pembangunan Mushalla.

"Sementara untuk jalur pendakian Gunung Kerinci, kami baru mengusulkan ke Pemerintah Provinsi untuk sertifikasi pemandu. Lalu, juga ada pagu dana untuk non fisik terkait perencanaan dan pengawas mencapai Rp62 juta untuk 10 kegiatan pembangunan tahun ini," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Solsel, Muzni Zakaria mengaku, keseriusan Pemkab Solsel membangun pariwisata lantaran sektor ini dinilai menjanjikan dalam memajukan daerah. Selain mendukung nawacita sebagai penyumbang terbesar kedua devisa bagi negara, membangun pariwisata langkah yang tepat dalam memanfaatkan potensi daerah.

"Kita ingin menonjolkan potensi wisata yang ada di Solsel. Baik wisata budaya seperti SRG, wisata alam GBK, wisata minat khusus seperti tubing dan pendakian gunung Kerinci. Presiden Jokowi sudah menyadari dan meminta agar pariwisata menjadi sektor unggulan terbesar nasional ke depannya," kata Muzni.

Saat ini, lanjut Muzni, penataan wisata Solsel sudah mulai terarah, bahkan telah banyak dikenal khalayak. Di samping pengembangan yang telah dilakukan itu, pihaknya berharap agar masyarakat Solsel terutama dinas terkait juga lebih siap menyambut kedatangan banyak wisatawan domestik maupun turis nantinya. (rls)

 
Top