Parit Malintang-Presiden Republik Indonesia Joko Widodo direncanakan hadir dalam peringatan puncak Hari Pers Nasional Tahun 2018 yang dipusatkan di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) tanggal 9 Februari 2018 mendatang.

Momen itu tidak disia-siakan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni untuk meminta jadwal Presiden RI meresmikan proyek strategis yang sudah dan akan dimulai pembangunannya.

Salah satu proyek yang diajukan kepada Presiden untuk dilakukan prosesi peletakan batu pertama pembangunannya atau lebih dikenal dengan Ground Breaking Kawasan Pendidikan Terpadu Tarok City di Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam, Padang Pariaman.

"Jauh-jauh hari, kami sudah menyurati Gubernur Sumatera Barat untuk dapat menjadwalkan agenda Ground Breaking Pembangunan Kawasan Pendidikan Terpadu Tarok City," jelas Ali Mukhni kepada Minangkabaunews di ruang kerjanya, Kamis (01/02/2018).

Tepatnya, melalui surat nomor 489/169/Humas/2017 tanggal 14 Agustus 2017 kami telah mengajukan Kawasan Pendidikan Terpadu Tarok City dan Balai Pendidikan Pelatihan dan Pelayaran untuk diresmikan oleh Presiden melalui Gubernur Sumbar.

"Alhamdulillah, Gubernur merespon positif dan memasukkan usulan kami dalam rencana kegiatan Presiden di puncak peringatan HPN nanti," ujarnya.

Untuk memperkuat usulan tersebut, katanya melanjutkan, Gubernur menyarankan untuk mengirim surat kepada Menteri Sekretaris Negara, dan sudah dilakukan dengan mengirim surat Bupati Padang Pariaman nomor 489/16/Humas/2018 tanggal 01 Februari 2018.

Selanjutnya, Bupati menemui Kepala Kepolisian Daerah Sumbar, Inspektur Jenderal Polisi Drs. Fakhrizal, M.Hum untuk melakukan koordinasi terkait rencana ground breaking Tarok City.

Di Mapolda, didampingi Rektor UIN Imam Bonjol Padang DR. Eka Warman Putra, Wakil Rektor UIN, Buya Boy Lestari dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (LHPKPP) Padang Pariaman Yuniswan, Ali Mukhni memaparkan rencana ground breaking dan latar belakang pembangunan Tarok City kepada Kapolda.

Mendengarkan penjelasan Bupati, Kapolda menyatakan dukungannya untuk ikut menyukseskan rencana ground breaking oleh Presiden RI itu.

"Kapolda mendukung sepenuhnya pembangunan Tarok City dan mengapresiasi dengan rencana tersebut," beber Ali Mukhni.

Menurut Kapolda, sambungnya, di Tarok City akan banyak tumbuh usaha ekonomi baru. Kapolda juga yakin di sana tidak ada permasalahan lagi. "Jika ada permasalahan dia siap membantu menyelesaikan," katanya.

"Rektor UIN juga menambahkan bahwa permasalahan tanah UIN di Sungai Bangek lebih komplit dan agak sulit penyelesaiannya," kata Ali Mukhni lagi.

Ali Mukhni menambahkan, kepada Kapolda disampaikan dukungan tokoh masyarakat di ranah dan rantau terhadap pembangunan Tarok City termasuk Buya Boy Lestari Datuak Palindih.
 
Top