Solsel,mediaterobos.com-Bupati Solok Selatan (Solsel), H Muzni Zakaria membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) bidang menjahit, tata boga, las SWAW 3 kg dan otomotif sepeda motor, di aula Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi, Rabu (21/2/2018).

"Melalui kegiatan ini, diharapkan akan membuka peluang untuk bekerja. Bahkan, nantinya bisa membuka peluang lapangan kerja baru," kata Muzni.

Untuk itu, lanjutnya, ikuti kegiatan pelatihan ini dengan sungguh-sungguh. Kalau punya keterampilan pasti terbuka peluang untuk bekerja. Baik bekerja dengan bidang usaha yang ada atau membuka lapangan kerja baru

"Bahkan, lebih baik jika bisa membuka lapangan kerja baru. Jadi bos kecil-kecil-an juga lebih baik daripada bekerja dengan orang lain," katanya.

Dikatakan, untuk tahun depan mudah-mudah anggaran bisa kita tingkatkan untuk kegiatan pelatihan-pelatihan skill seperti ini sehingga membuka peluang lapangan kerja lebih banyak lagi.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Solsel, Basrial mengatakan, untuk pelatihan ini menggunakan anggaran sebanyak Rp1,4 miliar untuk 18 paket dari APBN BLK Padang dan 4 paket dari APBD kabupaten.

"Totalnya ada 22 paket. Menjahit, tata boga, las, otomotif sepeda motor. Dimana total peserta mencapai 320 orang," jelasnya.

Dalam jumlah tersebut, termasuk sebanyak 83 orang yang akan dididik untuk dipersiapkan mengikuti tes kepolisian bekerjasama dengan Polres Solsel.

"Diharapkan, dengan pelatihan ini, akan mampu mengurangi angka pengangguran dan menciptakan lapangan kerja," pungkasnya. (rls)

 
Top