Padang Aro-Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat akan melatih 304 Tenaga Kerja Mandiri (TKM) pada 2018 agar memiliki kemampuan menciptakan lapangan kerja sendiri dan mengurangi pengangguran.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Solok Selatan, Basrial di Padang Aro, Senin, mengatakan latihan yang diberikan berupa keterampilan menjahit untuk 112 orang yang terdiri dari tujuh angkatan, tata boga 64 orang dibagi empat angkatan.

Selanjutnya keterampilan las 64 orang dibagi empat angkatan, otomotif sepeda motor 48 orang untuk tiga angkatan, dan mobiler satu angkatan 16 orang.

"Pelatihan angkatan pertama kami mulai Februari 2018 dan tahap pendaftaran bagi yang berminat untuk lima jurusan tersebut sudah dilakukan," katanya.

Untuk pembiayaan semua pelatihan tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sedangkan dari APBD juga dilaksanakan untuk pelatihan menjahit, dan tata boga masing-masing satu angkatan.

Bagi peserta yang ingin mengikuti pelatihan cukup menyerahkan foto copy kartu keluarga, KTP dan ijazah terakhir masing-masing satu rangkap serta foto ukuran 3x4 tiga buah.

Selain itu pihaknya juga akan memberikan motivasi terhadap 100 orang generasi muda untuk mau berwira usaha.

Pelatihan ini dimulai pada Februari sampai November 2018 dan peserta akan diberikan sertifikat agar mereka mendapat kepercayaan sebagai tenaga terlatih.

Setiap paket pelatihan berisikan 16 orang dengan total dana sebesar Rp300 juta.

Sepanjang 2017 pemerintah setempat telah melatih 308 TKM dengan harapan mereka dapat membuka peluang usaha bagi keluarga dan lingkungannya. (*)

Sumber (Antaranews Sumbar) 
 
Top