Padang Pariaman, Terobos- Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat berencana meningkatkan pembangunan di 12 Nagari tertinggal. Hal Itu menjadi pembicaraan Pemkab Padang Pariaman dalam Musyawarah perencanaan pembangunan 2019 di Parit Malintang. 

Erman, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Padang Pariaman, Menyatakan bahwa akan mengutamakan pembangunan 12 Nagari tertinggal tersebut. Ia meyakini 12 nagari yang masih masuk kategori tertinggal tersebut telah mengalami kamajuan, karena indeks yang disampaikan Gubernur Sumbar di Kabupaten Dharmasraya yang menyatakan masih ada 12 nagari kategori tertinggal di Kabupaten Padang Pariaman adalah memakai data Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tahun 2016.

"Jadi menurut pengamatan saya, hanya satu nagari lagi yang bisa dikatakan tertinggal di Padang Pariaman yaitu Nagari III Koto Aur Malintang Timur," katanya.

Namun pihaknya akan tetap melakukan validasi sebagai acuan untuk pembangunan nagari ke depan agar seluruh nagari terlepas dari daerah tertinggal dan berkembang menuju nagari mandiri seperti Nagari Kasang di Kecamatan Batang Anai.

Adapun 12 nagari yang masih berstatus tertinggal di Padang Pariaman berdasarkan indeks pembangunannya yaitu Nagari Sungai Asam di Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, Nagari Sungai Durian dan Tandikat Utara di Kecamatan Patamuan .

Lalu, Nagari Koto Dalam, Batu Kalang, dan Koto Baru di Kecamatan Padang Sago, Nagari Limau Puruik di Kecamatan Limo Koto Timur, dan Nagari Malai Limo Suku di Kecamatan Batang Gasan.
Seterusnya, Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging, Nagari III Koto Aur Malintang Timur, III Koto Aur Malintang Utara, Balai Baiak Malai Tigo Koto di Kecamatan IV Koto Aur Malintang 

Pada 2017 Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan nomor register untuk 43 nagari di daerah itu sehingga jumlah nagari menjadi 103, namun ia meyakini nagari-nagari hasil pemekaran tersebut pada 2019 akan berstatus berkembang, karena pada tahun ini sudah mulai mendapatkan dana desa. (Ms)
 
Top