Padang Pariaman, Terobos- Keluarga Miskin di kabupaten Padang Pariaman tercatat mengalami penurunan. Jumlah keluarga miskin di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat dari sekitar 36.000 pada tahun 2015 menjadi 22.901 tahun 2017, kata pejabat pemerintah setempat. Jumlah tersebut turun pascavalidasi data yang dilakukan beberapa waktu lalu.

"kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Padang Pariaman, Arman Adek mengatakan validasi tersebut dilakukan karena  sebelumnya digunakan data tahun 2015 sehingga data tersebut tidak bisa lagi digunakan atau tidak relevan.

Ia menjelaskan ketidakrelevanan tersebut karena sejak 2015 hingga 2017 terjadi peningkatan ekonomi masyarakat dan adanya perpindahan penduduk baik ke dalam maupun keluar kabupaten itu. Dengan demikian ada perubahan data yang harus segera diperbaiki.

untuk menekan angka kemiskinan, pemerintah membuat sejumlah program di antaranya Program Keluarga Harapan, Kelompok Usaha Bersama, dan menyerahkan beras sejahtera (Rastra).

dengan adanya berbagai program pemerintah dan juga perpindahan penduduk, maka jumlah keluarga miskin di Padang Pariaman dapat ditekan. Pemerintah akan terus berupaya mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Padang Pariaman. Salah satunya meninjau kembali tentang bantuan beras miskin, dan bantuan lainnya yang telah menjadi program pemerintah

Masih banyak warga miskin yang belum mendapat bantuan. Pemerintah sedang mendata kembali sebab data sebelumnya belum valid.(Ms)

"Bantuan dari pemerintah saat ini banyak yang tidak tepat sasaran karena data tersebut belum valid," kata Arman Adek. (Ms)
 
Top