Parit Malintang-Polres Padangpariaman, Sumatera Barat, bakal menutup persimpangan jalur Padang-Bukittinggi di kabupaten itu sekitar pukul 11.30 WIB guna mesterilkan jalan untuk pebalap sepeda dalam Tour de Singkarak (TdS) 2017 pada Etape I, yaitu Tanah Datar-Padang.

"Penutupan pada pukul tersebut jika lomba balap sepeda dimulai pukul 10.00 WIB," kata Wakapolres Padangpariaman Kompol Yuhandri di Parit Malintang, Sabtu (18/11).

Ia mengatakan memang di dalam jadwal yang diterima pihaknya perlombaan balap sepeda itu dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB namun bisa jadi diundur karena rangkaian kegiatan pembukaan yang dilaksanakan di Batu Sangkar.

Tetapi berdasarkan perkembangan informasi yang diperoleh perlombaan kelas internasional tersebut direncanakan dilaksanakan dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Menurutnya penutupan persimpangan di sepanjang jalan mulai dari perbatasan Padangpanjang dengan Padangpariaman hanya sebentar karena melihat dari kondisi lintasan yang menurun sehingga kecepatan sepeda pembalap bisa lebih cepat.

Namun bagi pengendara yang melakukan perjalan menuju ke Bukittinggi pihaknya mengarahkannya ke Malalak, kata dia.

Sedangkan pengendara yang tujuannya relatif dekat maka ketika jalan ditutup diharapkan untuk bersabar sambil menyaksikan para pebalap sepada berlomba.

Ia menyebutkan untuk menutup persimpangan tersebut pihaknya menerjunkan lebih dari 200 personel terlebih sepanjangan jalur yang dilewati pebalap terdapat persimpangan kecil.

Polres Padangpariaman bakal menutup lebih dari 50 persimpangan saat para pebalap peserta lomba balap sepeda internasional TdS melewati daerah itu.

"Selama TdS berlangsung, setidaknya Padangpariaman khusus untuk wilayah hukum kami dilewati peserta lomba sebanyak dua kali," kata Kapolres Padangpariaman AKBP Eri Dwi Hariyanto.

Sementara itu sebanyak 103 pebalap dari 19 tim mengawali kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2017 di Istano Basa Pagaruyung, Tanah Datar menuju Kota Padang. (*)

Sumber  (Antara Sumbar)
 
Top