Parit Malintang-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padangpariaman, Sumatera Barat menargetkan pebalap Tour de Singkarak (TdS) pada 2018 bisa menginap di daerah itu, menyusul akan dilanjutkannya pembangunan Padangpariaman Green City untuk penginapan.

"Saat ini kita masih kekurangan hotel sehingga atlet menginap di Kota Padang. Namun kita akan mengebut pembangunan Padangpariaman Green City untuk penginapan," kata Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni di Parit Malintang, Senin.

Ia menerangkan Padangpariaman Green City merupakan bangunan yang terdiri dari hotel dan pasar modern yang terletak di dekat Bandara Internasional Minangkabau.

"Rencananya hotel tersebut memiliki klasifikasi berbintang lima dengan jumlah kamar lebih dari 400 unit," katanya.

Pembangunan Padangpariaman Green City dahulunya sempat terhalang karena analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) belum keluar.

Namun lanjutnya Amdal pembangunan telah dikeluarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup setempat sehingga pengerjaannya pun akan segera dilakukan.

"Saya pun sudah mendesak investornya, dan investor telah berjanji akan membangun hotel itu segera," ujarnya.

Ia mengatakan berdasarkan pembicaraannya dengan investor, Padangpariaman Green City yang memakan anggaran ratusan miliar tersebut akan dilanjutkan pada Januari 2018.

"Diharapkan sebelum TdS digelar bangunan tersebut selesai," kata dia.

Sebelumnya Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menyatakan ajang balap sepeda internasional tahunan TdS tetap dilaksanakan pada tahun depan.

"Bersama 18 kota dan kabupaten yang ada, kami sudah menyepakati bahwa TdS 2018 tetap akan ada," katanya saat memberikan keterangan usai berakhirnya TdS 2017 di Bukittinggi, Minggu (26/11).

Ia mengatakan pihak Kementerian Pariwisata telah memercayakan gelaran ke-10 ajang tersebut dan tetap memberikan dukungan pada Sumbar dalam penyelenggaraannya.

Untuk pelaksanaan TdS 2018, menyangkut anggaran kegiatan akan dibicarakan dahulu dengan DPRD Sumbar sementara jadwal pelaksanaan, lokasi grand start dan grand finish dibicarakan kemudian. (*)

Sumber  (Antara Sumbar)
 
Top