Solsel-Tim Indonesia Punya Cerita, Trans TV yang sudah berkeliling beberapa lokasi wisata di Kabupaten Solok Selatan punya beberapa saran untuk perkembangan Pariwisata Solok Selatan.“Lengkapi setiap objek wisata dengan cerita atau informasi yang bisa menjadi pengetahuan bagi pengunjung, seperti hal nya di Kawasan Saribu Rumah Gadang, sangat minim dengan informasi pada setiap rumah gadang yang dilalui. ” jelas Hari, Host Indonesia Punya Cerita, Trans TV ketika diwawancarai di Wisma Umi Kalsum, Jumat (14/7/2017).

Dengan minimnya informasi yang ada membuatnya sering bertanya-tanya “ini rumah gadang siapa, kapan dibangunnya, dan apa saja fungsinya ?” ujarnya. “Untung saja kawan-kawan dari KFSS dan Dinas Pariwisata mendampingi kami, kalau tidak bingung juga” tambahnya,

Ia juga menambahkan agar di Kawasan Saribu Rumah Gadang lebih banyak dibuat atraksi budaya nya. “kalau perlu dibuatkan jadwal kegiatan budayanya, apakah setiap hari, atau setiap minggu. Sehingga wisatawan yang datang tidak hanya sekedar foto-foto saja” tambahnya.

“Bagusnya dibuat paket wisata keliling kawasan saribu rumah gadang, sehingga bisa dipersiapkan semuanya. Mulai dari guide, sampai dengan atraksi wisatanya” katanya.

Goa Batu Kapal pun ia sarankan untuk ditambahkan lampu sorot. “kalau langit sedang kurang cerah maka pengunjung masih bisa menikmati keindahan dalam goa, dengan warna-warni goa yang masih alami” tambah

Yang ia sangat tekankan adalah mengenai kebersihan lokasi wisata. “di setiap lokasi wisata yang kami kunjungi, kebersihan masih kurang terpelihara, semoga ini menjadi perhatian bagi pengelola kedepannya” tegasnya.

Dan yang tak kalah penting adalah kemudahan akses lokasi masuk wisata. “Saya melihat beberapa tempat masih agak sulit dilewati terutama untuk wisatawan lanjut usia. Misalnya Goa Batu Kapal jembatan didalamnya semoga bisa menjadi lebih baik lagi” sarannya.

Namun ia meyakini potensi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Solok Selatan sangatlah besar. “Luar biasa indah, dan sangat menarik. Hanya perlu kemasan yang terus ditingkatkan. Kami meyakini Pariwisata Solok Selatan akan maju dan berkembang” harapnya.(web)

 
 
Top