Solsel-Sudah lima tahun terakhir ini masyarakat Kecamatan Sungai Pagu, khususnya masyarakat Nagari Pasir Talang Timur menikmati air segar langsung dari mato aie barut. Tanpa perlu dimasak !!.

Radio yang penasaran akan cerita masyarakat tersebut, hari selasa (25/7/2017), langsung mencoba membuktikan keberadaan mato aie tersebut.
 
Tidak jauh dari simpang jalan bara jorong pampangan, kita disuguhi jalan nagari yang sudah dibeton, akses jalan sudah bagus dan mudah sekali untuk di lewati. Hanya berjarak 200 meter dari jalan bara kita sudah bisa sampai lokasi.Mata air tersebut berlokasi seberang sungai kecil. Airnya langsung keluar dari kaki bukit. Ditampung oleh sebuah kolam kecil. Dan disalurkan dengan tiga buah pipa paralon.

Nampak beberapa orang sedang mengisi air dengan galon air, dan beberapa derigen. Radio langsung mencoba air tersebut. Segarnya mantap !!!.“Kami sudah lima tahun menggunakan air tersebut, rasanya segar dan manis” ujar salah seorang warga.
 
Ternyata tidak hanya warga sekitar yang mengambil air. Dari pasar muara labuh bahkan dari pakan selasa dan pakan rabaa rela antri mengambil air tersebut.Merasakan air langsung dari mata air memang memberikan sensasi tersendiri. Rasa segar dan sejuk langsung terasa begitu meminumnya.(web)



 
Top