Solsel-Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, Hermanto menyalurkan bantuan alat pertanian kepada kelompok tani yang berada di seluruh Kabupaten Solok Selatan.

“Total bantuan alat pertanian tersebut senilai hampir 1 Miliar Rupiah, terdiri dari berbagai macam jenis alat pertanian,” jelas Hermanto pada saat pembagian bantuan 25 buah mesin bajak di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Solok Selatan, Rabu (27/7/2017).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut menjelaskan bahwa bantuan tersebut merupakan janji politik yang ia sampaikan pada saat kampanye. “saya ingin selalu dekat dengan petani, sehingga pertanian menjadi program prioritas saya. Terutama di Kabupaten Solok Selatan, yang memang telah dianugerahi wilayah yang subur,” ujarnya.

Pertanian saat ini menjadi perhatian utama bagi pemerintahan yang sedang menuju progam swasembada padang. “komoditi beras, jagung dan kedelai merupakan komoditas utama yang sedang digenjot untuk swasembada,” ungkapnya.

Wakil Bupati Solok Selatan, H. Abdul Rahman yang juga ikut menghadiri kegiatan tersebut mengaku sangat bersyukur sekali Solok Selatan mendapatkan bantuan tersebut. “Hal ini tentu saja sangat membantu pertanian Solok Selatan, bahkan akan dapat meningkatkan hasil pertanian,” tuturnya.

Dengan adanya mesin bajak tersebut, wabup meyakini pekerjaan petani menjadi lebih cepat dan lebih rapih dibandingkan secara manual menggunakan cangkul. Ia berharap pembagian mesin bajak ini tepat sasaran jangan sampai hanya kelompok tani tertentu saja yang dapat.
 
Kepala Dinas Pertanian, Tri Handoyo mengatakan bahwa Kabupaten Solok Selatan mendapatkan berbagai macam alat pertanian. “Yang sudah diserahkan ada 3 unit mesin penanam padi, 3 unit pompa air. Dan yang hari ini diserahkan adalah 25 unit traktor tangan. Segera menyusul 6 unit pemipil jagung dan 2 unit mesin panen padi dan 2 unit UPPO (Unit Pengolahan Pupuk Organik),” jelasnya.(web)
 
Top