Solsel-SMAN 5 Solok Selatan saat ini memiliki kelas jauh di Sungai Kalu, Nagari Pakan Rabaa Utara, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD).“Kelas jauh tersebut bertujuan untuk memudahkan peserta didik yang berlokasi di sekitar Sungai Kalu, seperti di Pinti Kayu dan Ulu Suliti,” jelas Plt Kepala SMAN 5 Solok Selatan, Hasbianto di KPGD, Kamis (20/7/2017).

Saat ini ada 27 siswa yang tergabung di kelas jauh SMAN 5 Solok Selatan. “Untuk kegiatan belajar mengajar mengambil tempat di MDA Masjid Sungai Kalu, dan seluruh siswa tersebut menjadi satu kelas, X IPS 4” tambahnya.

Sebelum adanya kelas jauh tersebut, Peserta didik yang berdomisili disekitar Sungai Kalu acap kali mengalami kesulitan transportasi.

“Jarak ke sekolah cukup jauh dan transportasi umum hanya dengan angkot (angkutan kota) yang tersedia pada jam tertentu, itupun dengan jumlah terbatas” tambahnya.
 
Pengadaan kelas jauh tersebut merupakan permintaan Masyarakat Nagari Pakan Rabaa Utara. “Kami (SMAN 5 Solsel) hanya menyediakan pengajar,” ujarnya.

Hasbianto tidak menampik bahwa kelas jauh tersebut merupakan rintisan SMA Negeri yang akan dibangun di Sungai Kalu.“Semua tergantung masyarakat Nagari Pakan Rabaa Utara, kami akan selalu membantu untuk terwujudnya SMA Negeri di Sungai Kalu,” jelasnya.

Saat ini telah diwakafkan lahan seluas 1,4 Hektar dari masyarakat demi terwujudnya SMA Negeri di Sungai Kalu.(web)
 
Top