Solsel, Terobos-Pemkab Solok Selatan menargetkan jalan tembus Solok Selatan menuju Dharmasraya via Lubuk Ulang Aling, Kecamatan Sangir Batang Hari (SBH) tuntas dibangun tahun 2019. Upaya ini dilakukan untuk memperlancar akses antarkedua kabupaten tersebut.

Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman, mengatakan setidaknya ada sekitar 45 Km panjang jalan yang akan dibangun untuk dapat menghubungkan kedua daerah tersebut. Dimulai dari Dusun Tangah, Nagari Lubuk Ulang Aling hingga Batu Bakawik di Koto Nan IV Dibawah, Kecamatan IX Koto, Kabupaten Dharmasraya.

“Tahun ini Pemkab Solok Selatan telah menganggarkan dana Rp 18 miliar untuk pengaspalan hot mix jalan tembus tersebut. Ada sekitar 45 kilometer jalan masih kondisi jalan tanah hingga ke batas Dharmasraya,” sebutnya.

Untuk bisa selesai sesuai waktu, lanjut Wabup, akan dibutuhkan anggaran besar. Saat ini Pemkab Solok Selatan membutuhkan penambahan anggaran. Mengingat status jalan tersebut merupakan jalan provinsi, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemprov Sumbar untuk kelanjutan pembangunannya. “Kita berharap Pemprov Sumbar supaya bisa menambah alokasi dana tiap tahunnya,” harapnya.

Menurutnya, percepatan peningkatan jalan tembus via Lubuk Ulang Aling tersebut juga sebagai salah satu cara untuk mengeluarkan Nagari Lubuk Ulang Aling dari keterisoliran dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Wali Nagari Lubuk Ulang Aling Tengah, Yunidas mengaku selain perbaikan jalan, pihaknya juga berharap Pemkab Solok Selatan membangunkan jembatan penghubung bagi warganya. Karena sejauh ini, aktivitas masyarakat masih bergantung pada perahu bermesin tempel lantaran tidak adanya jembatan.

“Kami bekerja dan anak-anak kami sekolah butuh jembatan gantung itu untuk menyeberangi sungai Batang Hari ini. Sejauh ini kami mesti berjuang melawan arus dalam beraktivitas.(*)
 
Top