Solsel-Muhammad Riski Illahi (riski) telah terpilih menjadi Uda Solok Selatan 2017 pada malam Grand Final Uda Uni Solok Selatan 2017, di Aula Sarantau Sasurambi, Kantor Bupati Solok Selatan, Jumat (21/7/2017).

Pemuda smart, enerjik dan berjiwa sosial tinggi yang berdomisili di Kampung Tarandam, Sungai Pagu, Solok Selatan ini memilih untuk mengabdikan dirinya di Kampung Halaman, Solok Selatan.

Padahal dengan modal ijazah Strata Satu Bakrie University Jurusan Teknik Industri yang ia miliki, dengan mudah ia mendapatkan pekerjaan yang layak dan menjanjikan di kota besar seperti Jakarta.

Wisuda S1 Bakrie University

Telah banyak program pemberdayaan masyarakat yang ia cetuskan untuk mengajak masyarakat sekitar kediamannya. Untuk bidang pariwisata ia beserta rekan-rekan di Kampung Tarandam mendirikan Kelompok Sadar Wisata Codangers.

Memperkenalkan kembali permainan tradisional khas Solok Selatan, pacu codang di Batang Suliti dan Batang Bangko. Perjuangannya tidak sia-sia, tercatat sudah tiga kali Televisi Nasional meliput kegiatan tersebut. Bahkan Pacu Codang dimuat di dalam majalah traveller internasional.

Di Bidang pendidikan, Alumni SMPN 1 Solok Selatan ini juga memiliki program Beasiswa Rumah Gadang yang ia dirikan bersama alumni SMA Agam Insan Cendikia. Sudah banyak beasiswa siswa SD dan SMP di Solok Selatan dan Sumatera Barat yang disalurkan.
 
Pria Lajang berusia 23 tahun ini juga berkiprah di bidang Agama, ia dan rekan-rekan di Kampung Tarandam kembali mengaktifkan didikan subuh di Masjid Nurul Iman, Kampung Tarandam. Ia juga menghidupkan kembali MDA yang sudah lama vakum dikampungnya. Selain itu ia juga mendirikan Taman Bacaan dengan menjaring donatur hampir seluruh Indonesia.

Kini beban besar sebagai Uda Solok Selatan 2017 diamanahkan kepadanya. Harapan besar agar ia mampu menjadi lokomotif anak muda untuk meningkatkan pariwisata Solok Selatan. Selamat Berjuang Anak Muda (web)
 
Top