Solsel, Terobos-Bagi anda yang masa kecilnya di kampung, khususnya di Pauh Duo Solok Selatan, pasti pernah mengalami masa bahagia bermain bola di lumpur. Gelak tawa dan serunya bermain bola di areal sawah yang baru saja dipanen memang tidak tergantikan.

Saat ini Ikatan Pemuda Pastar (Pakan Salasa – Taratak Bukareh) akan menyelenggarakan kompetisi Ball Lunau pada tanggal 28 – 29 Juni 2017. Bertempat di Pakan Salasa, kompetisi yang menggunakan sistem gugur ini dipastikan akan penuh dengan kegembiraan dan pastinya berlumpur !!

Diwawancara oleh radio, Senin (26/6/2017), Ketua panitia Ball Lunau Febri Irwandhie (andi) menceritakan bahwa dulu orang-orang tua di Pauh duo setelah panen padi, anak mereka sangat suka bermain bola disawah. “namun bukan menggunakan bola seperti saat ini, namun menggunakan jeruk besar, asam limau kabau begitu orang pauh duo menyebutnya” ujarnya.

Untuk penyelenggaraan perdana ini panitia membatasi usia peserta maksimal 18 tahun. “Namun kami juga akan ada partai “tuo” sebagai partai kenangan dimana pesertanya adalah orang-orang tua yang ingin mengenang masa kecilnya” tambahnya.

Diambilnya nama Ball Lunau sendiri cukup unik, tutur Andi. Lunau berasal dari bahasa minang yang artinya lumpur. Dan kata “ball” merupakan ungkapan orang pauh duo untuk permainan sepak bola. “jadi kalau mau ajak teman main bola bilangnya, yuk main ball” tuturnya.

Ball Lunau ini sangat unik dan menyajikan kegembiraan peserta, dan dipastikan penonton juga akan disuguhi tontonan yang sangat atraktif. Ia mengajak masyarakat Solok Selatan untuk datang melihat pertandingan ini.

“kami berharap ini akan jadi even tahunan pariwisata Solok Selatan, sehingga akan banyak wisatawan yang tertarik datang ke Solok Selatan” harapnya.(*)
 
Top