SOLSEL-Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memprediksi secara umum arus lalu lintas selama masa mudik dan balik lebaran di Sumbar relatif aman dan lancar.“Kecuali yang ke arah Solok Selatan, itu memang sedang dalam proses perbaikan. Tapi di luar itu, arus lalu lintas antar Kabupaten dan Kota lainnya di Sumatera Barat bagus,”katanya.


Dikatakannya, meskipun Kabupaten Limapuluh Kota dan Agam ditimpa bencana alam namun itu tidak membuat arus jalanan menjadi terganggu. Pihaknya, kata Irwan, juga menyiapkan ekskavator di titik yang dianggap rawan.


Masyarakat diminta untuk waspada dan berhati di beberapa titik yang dianggap rawan kecelakaan lalu lintas dan bencana alam serta kemacetan akibat pasr tumpah dan parkir yang meluber ke jalanan. Daerah yang diprediksi akan terjadi kemacetan panjang akibat pasar tumpah adalah di jalan Padang-Bukit Putus-Bungus-Painan, Padang-Solok-Sawahlunto, Padang-Padang Panjang-Singkarak, Padang-Bukittinggi-Payakumbuh.


Daerah rawan kejahatan dan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), seperti di terminal, stasiun, bandara, SPBU, rumah sakit atau puskesmas, dan pasar tumpah. Selain itu, kawasan pemukiman penduduk yang ditinggal mudik juga sering dimanfaatkan pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya, dan diikuti oleh industri atau pabrik dan jalanan umum.


Sementara itu, empat lokasi dianggap sebagai jalur yang rawan terjadinya bencana alam, diantaranya di Jalan Padang-Solok kilometer 28, Jalan Raya Bukit Tambun Tulang Malibo Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Jalan Raya Bukit Pulai kilometer 12, Kabupaten Pesisir Selatan, dan Kelok 44 Maninjau kilometer 141, Kabupaten Agam. Namun, masyarakat juga dihimbau untuk selalu waspada dimanapun berada.(web)

 
Top