Solsel-Pengumuman kelulusan siswa tingkat Madrasah Tsanawiyah (Mts) telah diumumkan, Jumat (3/6/2017). Kasi Pendidikan Islam Kemenag Solok Selatan, Syaiful Anwar (Anwar) mengungkapkan bahwa ada 969 siswa tingkat Madrasah Tsanawiyah baik Negeri maupun swasta di Kabupaten Solok Selatan yang dinyatakan lulus.

Pada kelulusan tahun 2017 tersebut, diungkap juga perolehan rata-rata nilai Ujian Nasional setiap MTs. Dan nilai tertinggi diraih oleh MTs Swasta Baitul Ihza.“MTsS Baitul Ihza berlokasi di Nagari Sitapus, Sangir Batang Hari” ujarnya.

Meskipun berlokasi jauh dari perkotaan dan hanya memiliki 56 siswa kelas IX, namun hal ini tidak menjadi halangan bagi sekolah tersebut untuk berprestasi. Total Nilai rata-rata UN yang berhasil dikumpulkan sebesar 258,79 dari empat mata pelajaran.

Di tingkat kabupaten, MTsS Baitul Ihza mampu menjadi yang tertinggi setelah mampu melampaui MTs Negeri yang telah lama dan berdomisili di perkotaan. Berikut lima besar perolehan nilai rata-rata tertinggi Ujian Nasional 2017 tingkat Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Solok Selatan.(web)
 
Top