SOLSEL-Camat Sungai Pagu Yuli Sastra jonh bersama dengan seluruh walinagari sesungai pagu mengadakan acara penyambutan TIM penilai gerakan sumbar bersih yang didampingi oleh dinas tata pemukiman dan lingkungan hidup kabupaten solok selatan di kantor camat sungai pagu, Senin (27/3).Acara itu juga dihadiri oleh Porkopimda Kecamatan sungai Pagu dan Asisten Satu kabupaten solok selatan fidel effendi, yang mewakili pemerintah kabupaten solok selatan. Dalam Hal ini camat sungai pagu Yuli sastra jonh bersama dengan pemerintah kabupaten Solok Selatan menyatakan siap dinilai dalam hal kebersihan lingkungan yang telah diprogram oleh Gubernur Sumatera Barat. 


Camat setempat juga menyatakan bahwa Kecamatan sungai pagu juga merupakan kecamatan tertua dari kecamatan kecamatan yang ada dikabupaten solok selatan yang mempunyai visi terwujudnya pelayanan publik kecamatan yang berkualitas menuju masyarakat yang sejahtera dan religius, dengan misi Meningkatkan koordinasi pelayanan administrasi serta sarana dan prasarana yang memadai, Meningkatkan disiplin dan profesionalisme aparatur pemerintah dalam pelaksanaan pelayanan publik, Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya aparatur penyelenggaraan pemerintah sesuai tugas pokok dan fungsinya, Meningkatkan fasilitas dan koordinasi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. 


Disamping itu camat sungai pagu juga mengatakan bahwa kecamatan tersebut adalah kecamatan yang besar mempunyai 11 kenagarian dan 58 jorong, terdapat banyak sungai yaitunya batang bangko, batang suliti, batang lolo, batang lawe dan Seluruh jalan yang di lewati merupakan titik pantau termasuk yang diacak sebab dinagari-nagari juga terdapat ikon wisata dan budaya. 


Kecamatan Sungai pagu yang juga merupakan salah satu kecamatan tertua di kabupaten solok selatan sering di jadikan projeck dalam setiap kegiatan . Sehingga kecamatan sungai pagu selalu mewakili kabupaten dalam setiap ivent dibidang seni budaya ,keagamaan,dan kebersihan, baik di tingkat provinsi maupun tingkat nasiona dan selalu mendapat peringkat terbaik baik di kabupaten, Provinsi 
Maupun Nasional. 


Adapun prestasi kecamatan sungai pagu dua tahun terakhir seperti Kecamatan terbersih, festival sarantau sasurambi, juara umum Pawai budaya,Juara satu Randai, juara umum MTQ tingkat kabupaten solok selatan dan prestasi-prestasi lainnya dan sekarang Inovasi yang dilakukan kecamatan sungai pagu terkait peningkatan kebersihan,  menanamkan budaya bersih kepada setiap masyarakat di Kecamatan Sungai Pagu. Karna dengan menanamkan budaya bersih masyarakat hidup sehat, penyakit berkurang hidup tentram, aman dan nyaman. Sesuai dengan apa yang diharapkan Bapak Bupati dalam penilaian kecamatan bersih dan hijau ini setidak-tidaknya kita disolok selatan ini kalau tidak dapat juara dua juara satupun jadi ungkapnya sambil ketawa. 


Beliau juga berharap dengan adanya penilaian kecamatan bersih dan hijau ditingkat sumbar dapat selalu menjadi motifasi bagi masyarakat dan pemerintah dalam memerangi sampah. Seperti yang sudah kita lihat secara bersama bahwa di kawasan kawasan yang ada dikecamatan selalu terlihat bersih dan hijau. Bak sampah juga tidak terlihat menumpuk bahkan mobil  sampah pun juga terlihat kosong dari sampah, mungkin kita memang sulit dalam mengelolah sampah dengan teknologi karna alat tersebut memang mahal tapi dengan giatnya kita dalam memerangi sampah dan membuang pada tempat pembuangan sampah saya yakin juara satu ada di tangan kabupaten solok selatan imbuhnya dalam Penyambutan Tim Penilai Gerakan Sumbar Bersih dan Hijau dikantor Camat Setempat.(web/men)
 
Top